Senin, 22 April 2013

Posted by Moti Peacemaker on 22.38 No comments
Unirow Tuban, Unirow, Lambang Unirow, Universitas di Tuban.
Bukan sekedar lambang lho, ada maknanya tersendiri.

Melihat suatu lambang universitas atau lambang organisai tanpa mengetahui makna yang terkandung didalamnya tentu ada rasa yang kurang pas bukan. Seperti makan tanpa sayur hehehe. Dengan mengetahui makna suatu lambang universitas atau organisasi kita akan menjadi lebih respect dan memiliki kekaguman pada organisasi pemilik lambang tersebut.

Nah, begitupun dengan Universitas PGRI Ronggolawe atau yang biasa disingkat UNIROW (sekilas mirip UNAIR ya?) mempunyai lambang yang mengandung makna tertentu sebagai perlambang keinginan yang ingin dicapai pada penyelenggaran pendidikan tinggi di Universitas PGRI Ronggolawe. Makna lambang Unirow adalah sebagai berikut (sumber : laman resmi unirow.ac.id).

1. BINGKAI : Berbingkai 5 (lima) sudut lancip berbentuk segi 5 (lima) yang melambangkan filsafat Pancasila sebagai pandangan UNIROW. Bentuk bunga teratai bermaksud UNIROW selalu dapat bersinergi dengan lingkungan dalam membangun citra kejayaan.

2. BUKU DAN KUDA : Buku dan kuda berdiri melambangkan watak UNIROW. Buku dengan warna merah tembaga sebagai lambang UNIROW berwatak pendidik dan pengembang IPTEK dengan semangat juang yang kokoh, ulet sebagaimana diamanatkan oleh induk organisasi PGRI. Kuda berdiri dengan warna putih perlambang ketokohan suci dari Adipati Ronggolawe, Bupati Tuban sebelum kemerdekaan.  UNIROW berwatak pendidik dan pengembang IPTEK dengan semangat juang yang kokoh, ulet, dan suci di bawah naungan organisasi PGRI dan berlokasi di Kabupaten Tuban.

3. SAYAP : Mencerminkan prinsip berkembang dan mempunyai makna historis UNIROW. Sayap di bagian kanan-kiri lambang buku berwarna kuning pertanda bahwa dalam mendidik dan mengembangkan IPTEK berlandaskan keluhuran budi sebagai pengabdian kepada pembangunan masyarakat daerah, bangsa serta negara. Masing-masing sayap berjumlah 7 (tujuh) bulu yang bermakna berdirinya UNIROW pada tahun 2007.

4. UNIROW :  UNIROW (singkatan) berwarna biru langit/biru laut tertulis di atas pita putih sebagai perlambang cita-cita yang tinggi, luhur, dan berjiwa besar.

Keseluran Makna Lambang Unirow : Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban berdiri tahun 2007, di bawah organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, berwatak pendidik dan pengembang IPTEK dengan semangat juang kokoh, ulet, nan suci dan bercita-cita tinggi, luhur, dan berjiwa besar, selalu membina citra kejayaannya, dan bersinergi dengan lingkungan alamnya dalam pengabdian diri bagi pembangunan masyarakat daerah, bangsa dan negara.

0 komentar :

Posting Komentar